Pelatihan Sistim Keuangan Kampung berbasis Aplikasi 2.2 Tahun 2020 di Distrik Waibu

Waibu, 16 Maret 2020

Pelatihan Sistem Keuangan Kampung berbasis Aplikasi 2.2 Tahun 2020

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura melakukan Pelatihan Sistem Keuangan Kampung (Siskeudes) berbasis aplikasi 2.2 Tahun 2020 di Kantor Distrik Waibu Kabupaten Jayapura, Senin (16/03/2020). Pelatihan tersebut diikuti oleh Operator-Operator Kampung di Distrik Waibu. Dari 7 (tujuh) Kampung yang ada di Distrik Waibu hanya empat Kampung yang telah mengutus operatornya mengikuti kegiatan pelatihan ini, yaitu Kampung Yakonde, Sosiri, Doyo Lama dan Kampung Doyo Baru. Tiga Kampung lainya, Bambar, Kwadeware dan Dondai tidak ikut dalam kegiatan pelatihan ini.

Ananias Matiseray, Staf DPMK yg ditugaskan sebagai Satgas di Distrik Waibu

Ananias Matiseray Staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura yang ditugaskan sebagai Satgas di Distrik Waibu seusai memberikan materi kepada para Operator Kampung menyampaikan bahwa tujuan diadakannya pelatihan ini adalah agar Operator Kampung dapat memahami alur penata usahaan atau sistim pengelolaan keuangan kampung di Kampung sesuai dengan aturan yang berlaku.

Lebih lanjut Ananias menjelaskan bahwa pelatihan sistim pengelolaan keuangan kampung berbasis aplikasi 2.2 tahun 2020 yang kita kerjakan hari ini difokuskan pada bagaimana cara input kegiatan sesuai dengan APBK (Anggaran Pendapatan Belanja Kampung) yang telah ditetapkan atau disepakati dalam Musrenbang Kampung. Dalam pengimputan sistem ada beberapa hal yang harus di imput yaitu pertama Kegiatan, kedua Pendapatan Kampung pertahun dari Dana Desa, ADK dan Prospek, ketiga Belanja dan keempat Pembiayaan kalau ada Silpa tahun sebelumnya.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama sehari, dan waktu ini tidak cukup untuk para operator memahami bagaimana mengoperasikan aplikasi siskeudes ini. Oleh karena itu Ananias berharap operator kampung terus belajar agar dapat memahami dengan baik, dan kalau belum paham bisa datang ke Kantor DPMK Kabupaten Jayapura agar dapat ditolong oleh Satgas yang bertugas. (Lay-Admin)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*