Untuk mendukung Usaha Ternak Ayam Petelur di Kampung, PD. Baniyau melakukan MOU dengan Kampung-Kampung

Sosiri, 6 Maret 2020

Foto bersama Bupati Jayapura seusai penandatanganan MOU

 Perusahan Daerah (PD) Baniyau melakukan Perjanjian Kerjasama (MOU) dengan Kampung-Kampung yang sudah mengalokasikan dana untuk usaha ternak ayam petelur pada tahun anggaran 2020 ini. Penandatanganan MOU itu dilakukan di ruang VIP Kantor Bupati Jayapura, Kamis (5/3/2020) yang  disaksikan langsung oleh Bupati Jayapura, Matius Awoitauw. Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur PD. Baniyau, Ishak Hikoyabi dari pihak PD. Baniyau, dan dari Kampung-Kampung diwakili oleh Kepala Kampung Sosiri, Andreas Enok.

Direktur PD. Baniyau, Ishak R. Hikoyabi

Direktur PD. Baniyau, Ishak Hikoyabi kepada media ini mengatakan bahwa maksud dan tujuan dilakukannya Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini adalah untuk mendukung kampung-kampung yang sudah mengalokasikan dana untuk usaha ternak ayam petelur sehingga dapat beroperasi dengan baik.

Skemanya adalah Pemerintah Kampung menyediakan lokasi dan dana, kami (PD. Baniyau) yang akan membangun kandang dan menyiapkan bibit ayam petelur, serta memberikan pembinaan sampai produksi ayam petelur mencapai 20 persen. Masalah pemasaran juga menjadi tanggung jawab Perusda, jadi Pemerintah Kampung tidak perlu repot-repot lagi mencari pasaran. Dana yang wajib disediakan oleh Pemerintah Kampung adalah sebesar 270 Juta untuk 1000 ekor ternak ayam petelur.

Prosesi Penandatanganan MOU antara PD. Baniyau dan Pemerintah Kampung yang diwakili oleh Kepala Kampung Sosiri

 Lebih lanjut Direktur PD. Baniyau, Ishak Hikoyabi, menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk membangun usaha ternak ayam petelur ini berkembang sampai Kabupaten Jayapura menjadi Kabupaten swasembada telur. Target kami selain untuk mendukung pelaksanaan PON XX 2020 ini juga pada tahun 2022 Kabupaten Jayapura sudah swasembada telur. Tujuan akhirnya adalah melalui kerjasama ini, PD. Baniyau dapat membatu kampung-kampung untuk bisa mandiri dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di kampung.

Kepala Kampung Sosiri Andreas Enok

 Kepala Kampung Sosiri, Andreas Enok, menyampaikan pihaknya sangat senang dengan Penandatanganan Kerjasama ini. Hal ini penting karena kami belum mengetahui bagaimana menjalankan usaha ternak ayam petelur ini, sehigga dengan bantuan dan binaan dari Perusda (PD. Baniyau) kami yakin usaha ini akan berhasil, ujarnya.

 Ditempat yang sama juga dilakukan Penandatanganan Kerjasama antara PD. Baniyau dan Milenial Bisnis Indonesia (MBI) sebagai komitmen bersama dalam bidang usaha peternakan, properti, pariwisata dan bidang-bidang usaha lainnya. (Lay-Admin)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*