Kepala Distrik Waibu membuka Musrenbang Kampung Sosiri

Sosiri, 20 Desember 2019. Kepala Distrik Waibu, Dominggus Kaway, SP, atas nama Pemerintah Kabupaten Jayapura secara resmi membuka Pelaksanaan Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kampung Sosiri Tahun 2020.

Dalam sambutannya Kepala Distrik Waibu mengatakan ā€œMusrenbang adalah momen tertinggi dalam satu sistim pemerintahan. Musrenbang atau Musyawarah Pembangunan itu adalah satu wujud kepedulian pemerintah secara sistem yang mulai dari pikiran-pikiran murni rakyat sendiri.

Lebih lanjut Kepala Distrik Waibu menyampaikan bahwa dalam musrenbang tidak ada intervensi pikiran dan tidak boleh ada titipan pikiran atau titipan-titipan program. Pemerintah secara struktur (RT/RW, Aparat Kampung, dll) tidak boleh ada titipan program secara pribadi; semua program pembangunan harus atas nama masyarakat secara umum. Karena itu semua kepala keluarga dikampung Sosiri mempunyai hak yang sama untuk bicara tentang pembangunan Kampung Sosiri ke depan.

Sebelum membahas program kerja tahun 2020, perlu dilakukan evaluasi hasil-hasil kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2019, apa saja yang telah dicapai, hal-hal apa yang perlu diperbaiki atau yang perlu dilanjutkan, mana saja progam-program pembangunan yang perlu mendapat perhatian serius.

Dalam musrenbangĀ boleh ada konflik atau beda pemahaman karena program; hal itu diperlukan untuk lebih menajamkan program prioritas yang perlu direalisasikan pada tahun 2020, untuk itu Kepada Distrik berharap semua ide pendapat atau pandangan harus disampaikan secara kekeluargaan.

Pelaksanaan Musrenbang Kampung Sosiri Tahun 2020 ini dihadiri oleh Aparat Kampung Sosiri, RW/RT, Bamuskam, Perwakilan Lembaga Adat, Lembaga Keagamaan, PKK, Perwakilan Pemuda, Babinkamtibmas serta PLT Kampung Persiapan Kanda. (LD)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*