BPJS KETENAGAKERJAAN Melakukan Sosialisasi dan Pembinaan

Usai Sosialisasi & Pembinaan di halaman Ondoporo (Kepala Adat) Kampung Sosiri “Boas Assa Enoch”

Menjadi peserta BPJS bukan hanya untuk pegawai tetap seperti PNS, TNI-POLRI, Karyawan Swasta atau yang mempunyai upah tetap, tetapi masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan tetap juga bisa menjadi peserta.  Guna menjangkau masyarakat yang kurang mampu atau bukan penerima upah (BPU), untuk itu Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan  Cabang Papua melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat. Untuk itu dipilihnya kampung sosiri menjadi tempat kegiatannya.

Pada hari Sabtu, 8 Desember 2018, di halaman Pendopo Ondoporo Kampung Sosiri dilaksanakannya kegiatan tersebut yaitu “Sosialisasi dan Pembinaan Peserta Bukan Penerima Upah (BPU) serta olahraga senam bersama masyarakat kampung Sosiri”. BPJS itu sendiri ada 2 yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, masing-masing mempunyai tugas dan fungsinya. Khusus untuk BPJS Ketenagakerjaan mempunyai 4 program jaminan sosial yaitu:

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja
  2. Jaminan Hari Tua
  3. Jaminan Kematian
  4. Jaminan Pensiun
Tampak warga yang menghadiri kegiatan dan mengikuti senam bersama

Diharapkan ada dukungan dari Pemerintah Kampung agar mendaftarkan warganya menjadi peserta, misalnya pemerintah kampung mengalokasikan dana setiap tahunnya untuk 2 program jaminan sosial, dan masyarakat sendiri membayar untuk 2 program lagi, jika seperti ini maka ke empat program tersebut terkafer semua. Kita semua bisa mendapatkan hak pensiun juga yang di kelola oleh BPJS jika terdaftar menjadi peserta. Kami berharap agar kampung-kampung lain juga mengikuti kata Kepala Cabang yang di wakili oleh Kabid.Umum dan SDM, “Agus Ismantoro” saat di mintai keterangan oleh admin.

PLT Kepala Kampung Sosiri, “Silas Pangkatana” mengatakan mendukung program kerja sama ini, diminta agar masyarakat tetap memberikan iuran perbulannya dengan baik dan lancar. Untuk aparat saya kira tidak ada masalah karena lewat bendahara langsung di setor ke BPJS. Di tempat yang sama juga Ondoporo Kampung Sosiri, “Boas Assa Enoch” mengucapkan terima kasih kepada BPJS yang sudah datang dikampung sosiri dan program BPJS baik sekali, hal ini satu keuntungan, kita harus mendukung dan menjadi peserta supaya ada jaminan, kalau boleh semua program yang ada ini kita ikuti.

Pembagian hadiah kepada warga yang mengikuti kegiatan

Seusai sosialisasi dilanjutkan dengan senam bersama dan pembagian hadiah yang disediakan oleh tim BPJS,  hadiah yang di sediakan cukup banyak mulai dari hadiah hiburan seperti pakaian, alat olahraga, perkakas dapur, dispenser, kipas angin, rice cooker, serta hadiah utama yaitu mesin cuci. Setelah pembagian hadiah di akhiri dengan makan bersama. /fdike(adminks)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*